06 Oktober 2010

Kota Moskow Di Malam Hari Dari Angkasa

Kota Moskow di Rusia, jika dilihat dari ruang angkasa pada malam hari ternyata menyerupai jaring laba-laba. Hal itu diabadikan oleh astronot Jepang, Soichi Noguchi, dari luar angkasa. Hasilnya, sungguh mencengangkan. Perpaduan sinar lampu dan jalan raya membentuk jaring laba-laba, sebuah lingkaran besar nampak membungkus kota.

Astronot Soichi Noguchi memotret gambar yang menakjubkan ini saat berada di langit Moskow. Saat itu, stasiun ruang angkasa internasional yang dihuni Noguchi terbang sekitar 17.500 mph dan berjarak hampir 220 mil di atas Moskow.


 Foto bidikannya itu diposting Noguchi dalam laman Twitternya, Asto_Soichi yang dipakainya selama misi enam bulan di stasiun luar angkasa.

“Cincin Emas Moskow, Rusia,” tulis Noguchi di akun Twitternya. “Selamat Hari Kemenangan !”

Foto Moskow ini sekaligus sebagai Hari Kemenangan yang diperingati Rusia tiap 9 Mei di hari yang sama diperingati sebagai Hari Ibu di Amerika Serikat. Hari Kemenangan adalah hari libur memperingati akhir Perang Dunia II saat Jerman yang saat itu dipimpin diktator, Adolf Hitler ditaklukkan Rusia. Hari Kemenangan Rusia juga diperingati di luar angkasa.

“Tim [stasiun pengendali Bumi] di Houston dan di Moskow mengucapkan ‘Selamat Hari Kemenangan’ pada kru selama obrolan pagi,” kata juru bicara NASA, Josh Byerly

“Tak ada tugas khusus yang dilakukan kru stasiun luar angkasa hari ini. Meski tak ada perayaan resmi dalam jadwal, saya yakin mereka punya cara untuk merayakannya sendiri.”

Ada tiga kosmonot Rusia di stasiun ruang angkasa – Komandan Ekspedisi 23, Oleg Kotov, dan dua insinyur penerbangan, Alexander Skvortsov dan Mikhail Kornienko. Selain tiga kosmonot Rusia, ada lagi tiga penghuni stasiun luar angkasa yakni, Soichi Noguchi dari Jepang dan dua astronot Amerika, Timothy “TJ” Creamer dan Tracy Caldwell Dyson.

0 komentar

Poskan Komentar